Chat with us, powered by LiveChat

Setengah Jam Usai Melahirkan, Perempuan Ethiopia Ini Ikut Ujian Sekolah

Seorang perempuan di Ethiopia mengikuti ujian di ranjang rumah sakit hanya 30 menit setelah melahirkan bayinya. Almaz Derese (21), yang berasal dari Metu, Ethiopia barat, berharap bisa ikut ujian sebelum anaknya lahir, namun ujian sekolah menengah sempat ditunda karena Ramadan.

Dilansir dari BBC, Rabu (12/6), Almaz masuk ruang persalinan pada hari Senin tak lama sebelum ujian pertama akan dimulai. Dia mengatakan belajar dalam kondisi hamil bukanlah masalah baginya dan dia tak ingin menunda kelulusannya sampai tahun depan.

Almaz mengikuti ujian Bahasa Inggris, Amharic, dan Matematika di rumah sakit pada Senin (10/6) dan akan mengikuti tes yang tersisa di pusat ujian selama dua hari ke depan.

“Karena saya terburu-buru untuk mengikuti ujian, persalinan saya tidak sulit sama sekali,” kata Almaz kepada wartawan BBC, Afaan Oromoo.

Suaminya, Tadese Tulu menyampaikan dia harus membujuk pihak sekolah agar mengizinkan istrinya mengikuti ujian di rumah sakit.

Di Ethiopia, adalah hal biasa anak perempuan putus sekolah menengah dan kemudian kembali lagi untuk menyelesaikan studi mereka. Saat ini Almaz ingin mengikuti kursus dua tahun sebagai persiapan memasuki universitas.

Dia mengatakan sangat senang ujiannya berjalan lancar dan bayi laki-lakinya juga dalam kondisi baik.